Tasyakkur

Alhamdulillah, dengan izin Allah blog ini dapat diterbitkan. Semoga bermanfaat. Jazakumullah.

Rabu, 15 Februari 2012

Jadilah seperti Lebah bukan Lalat!


بسم الله الرّحمن الرّحيم

Sebagian dari Antum sudah saya kirimkan pesan singkat ke no hp kalian, yang bertuliskan “jadilah seperti Lebah, bukan Lalat”. Sebagian banyak ada yang bertanya “ mengapa?”, “ko gitu?”, “maksudnya apa?”. Nah, pada kesempatan ini izinkan saya berbagi ilmu menjelaskan apa maksud dari pesan singkat dan judul tersebut diatas.

Lebah, merupakan makhluk Allah yang mempunyai keistimewaan, meski kadang berbahaya yang sesungguhnya itu merupakan bentuk perlawanan dari kejahilan yang dilakukan lawannya. Mereka di ciptakan untuk memproduksi madu yang menjadi sumber kesehatan bagi manusia, yang mereka ambil dari saripati bunga-bunga. Mereka tak pernah hinggap pada tempat yang kotor dan tidak manis, dan selalu hidup berkelompok.

Beda halnya dengan makhluk Allah yang satu lagi, yaitu Lalat. Saat mendengar atau melihat lalat, yang terbesit dalam fikiran kita hanyalah “mereka kotor”, “mereka jorok”, dan sebagainya. Ya, itu betul. Pernahkan kita dihinggapi lalat pada luka kita, meskipun setelah kita mandi? Itu dikarenakan Lalat hanya hinggap pada tempat yang kotor meski pada lingkungan bersih sekalipun. Jarang sekali mereka hidup berkelompok.

Lalu, apa hubungannya dengan kehidupan kita. “jadilah seperti Lebah” yang selalu hidup pada tempat yang sederhana, indah, dan menciptakan kebahagian bagi mereka yang hidup di sekelilingnya, berbaik sangka pada yang lain, dan tak pernah memikirkan keburukan orang lain, dan bergotong royong. “bukan Lalat” yang tak pernah membawa kebahagiaan pada orang lain, jasmani dan rohaninya kotor, hobinya berburuk sangka, egois, sombong, kemana ia pergi tak ada kebaikan yang ia terima dan berikan pada orang lain.

Demikianlah, dan semoga kita menjadi sosok muslim yang kompak, solidaritasnya pada sesama tanpa pamrih, selalu berbaik sangka, dan senantiasa mengisi waktu dengan hal yang baik.

وفّقنا الله إلى الصراط المستقيم

الحمد لله ربّ العالمين

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

awali dengan بسم الله